Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja

Jika kamu merasa kesehatanmu atau kesehatan mental kamu sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk menanganinya, jangan ragu untuk mendi



Hubungan Antara Jiwa Raga Yang Sehat Bukan Hanya Slogan

Mens sana in corpore sano, ini adalah sebuah kutipan slogan atau peribahasa latin yang berarti Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat.

Berdasarkan kutipan tersebut tersimpan makna bahwa kesehatan tubuh dan jiwa (mental) itu sangat berkaitan satu sama lain jadi untuk mendapatkan kesehatan keduanya maka usaha nya pun harus seimbang.

Melihat begitu berkaitan erat maka sebenarnya mana yang lebih mempengaruhi kesehatan? Apakah jiwa yang sakit yang memengaruhi tubuh menjadi sakit? Ataukah tubuh yang sakit lalu memengaruhi jiwa menjadi sakit?

Well… Melihat banyak kasus saat ini tiba-tiba seseorang menjadi mudah sakit karena sebuah masalah. Keluhan fisik tersebut bisa ditandai dengan bermulanya rasa sakit pada tubuh seperti sakit kepala, gangguan pernafasan, gangguan tekanan darah, sakit maag, perasaan tidak tenang, fobia hingga depresi yang berakibat tubuh jadi lemah dan mudah terserang virus.

Maka selain pentingnya menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat kita juga harus menjaga kondisi jiwa untuk tetap waras dan bahagia bebas dari beban pikiran.

Lalu bagaimana cara nya?

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan mental seseorang bahkan faktor nya bisa dinilai sebagai hal yang sepele untuk beberapa orang tapi berdampak besar pada orang tertentu. Maka dari itu lebih baik kita mengenali faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan mental tersebut agar tidak menganggap enteng setiap kasusnya.

Penyebab Kesehatan Mental :
  1. Trauma internal seperti kelainan genetic atau karena pengaruh obat-obatan, racun atau zat berbahaya.
  2. Trauma social seperti dikucilkan dalam satu kalangan masyarakat, mendapatkan perlakuan kekerasan atau bullying, lingkungan tempat tinggal yang kumuh, diskriminasi dan lainnya.
  3. Trauma signifikan seperti pernah mengalami kecelakaan serius, kasus kejahatan, atau pertempuran militer dan lainnya.
  4. Faktor kelelahan, pengangguran, atau beban tanggung jawab yang besar dan lainnya.

Lalu siapa saja yang beresiko mengalami gangguan kesehatan mental ini? Jawabannya bisa siapa saja. Bahkan orang yang asalnya biasa-biasa saja pun bisa terpengaruh jika dari awal tidak mementingkan atau mengabaikan betapa penting nya menjaga dan memelihara kesehatan jiwa ini.

Gejala Umum Gangguan Kesehatan Mental

Tanda-tanda seseorang mengalami gangguan kesehatan mental biasanya bisa dilihat dari perilaku yang kurang menyenangkan. Berikut beberapa gejala-gejala gangguan umum pada kesehatan mental yang saya kutip dari artikel Halodoc:
  • Mengalami nyeri yang tidak dapat dijelaskan.
  • Mengalami perubahan suasana hati drastis yang menyebabkan masalah dalam hubungan dengan orang lain.
  • Merasa bingung, pelupa, marah, tersinggung, cemas, kesal, khawatir, dan takut yang tidak biasa.
  • Merasa sedih, tidak berarti, tidak berdaya, putus asa, atau tanpa harapan.
  • Merokok, minum alkohol lebih dari biasanya, atau bahkan menggunakan narkoba.
  • Perubahan drastis dalam kebiasaan makan, seperti makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Perubahan gairah seks.
  • Rasa lelah yang signifikan, energi menurun, atau mengalami masalah tidur.
  • Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti merawat anak atau pergi ke sekolah atau tempat kerja.
  • Tidak mampu memahami situasi dan orang-orang.
  • Tidak mampu konsentrasi, dan masih banyak lagi
Selengkapnya Anda bisa membaca disini : https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja

Sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental.

Karena aku adalah seorang muslim maka aku selalu menerapkan cara Tombo Ati yang terdiri dari 5 perkara sebagai obat hati untuk ketenangan jiwa dan raga. Yaitu:
  1. Baca Qur'an dan maknanya
  2. Dirikan Sholat malam
  3. Berkumpul dengan orang sholeh (bisa grup kajian positif)
  4. Perbanyaklah berpuasa karena melatih untuk tenang dan sabar
  5. Perbanyak dzikir karena dengan mengingat Allah hati menjadi tenang
Manfaat menjaga kesehatan mental ini akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh juga, selain itu kamu juga akan merasakan beberapa efek lain seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Nah, jika kamu merasa mudah mengalami stres atau gangguan kecemasan, yuk ikuti beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental ini yang aku kutip dari artikel halodoc:
  • Lebih mendekatkan diri pada Ilahi
  • Sering Mengatakan Hal Positif pada Diri Sendiri
  • Menuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri
  • Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu
  • Olahraga Teratur
  • Makan lah Makanan yang Enak dan Sehat
  • Sering Berkomunikasi dan Terbukalah pada Seseorang
  • Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain Tanpa Pamrih
  • Istirahat Berkualitas
  • Tidur Tepat Waktu
Namun jika semua cara itu sudah dilakukan namun masih merasa cemas maka jangan segan untuk berkonsultasi yah!

Ditengah pandemic ini memang langkah kita banyak dibatasi namun sekarang kita bisa tetap sehat dan dekat dengan tenaga medis yang sudah certified, berpengalaman belasan tahun, dan terpercaya walau hanya #dirumahaja dengan memiliki aplikasi Halodoc di smartphone.



Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu. Bersama Halodoc kamu bisa mengakses informasi seputar kesehatan yang selalu update, terbaru dan terpercaya.

Halodoc juga memberi fasilitas kesehatan mudah untuk pengguna yang saat ini harus #dirumahaja konsultasi bersama banyak Dokter Specialist dan membeli obat kini jadi semakin mudah, aman, dan terjaga kerahasiaan nya.


Dalam satu aplikasi Halodoc kamu bisa tanya dokter gratis dan bisa booking appointment rumah sakit tanpa perlu antre di Apotek. Konsultasi kesehatan pun bisa diakses selama 24 jam/7 Hari. Kamu juga bisa pesan kebutuhan medis hanya dengan membeli melalui aplikasi sampai konsultasi dengan Dokter Ahli pun bisa cukup bayar pakai GO-Pay.

Jika kamu merasa kesehatanmu atau kesehatan mental kamu sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk menanganinya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor kamu bisa dengan leluasa berkonsultasi dengan ahlinya.

Cara mudah sekali, tinggal buka aplikasi Halodoc lalu diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan! Konsultasi ini juga dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Kesimpulan

Keseimbangan dalam hidup itu perlu, dan gaya hidup yang tidak berlebihan itu lebih baik.
Jika merasakan sesuatu yang lain dalam tubuh seperti gejala gangguan kesehatan yang berkaitan pada kesehatan fisik dan mental jangan segan untuk konsultasikan segera.

Jauhi hal-hal negatif dan akses informasi secukupnya saja jangan sampai membuat panik, stres, atau depresi karena saat ini banyak informasi hoax yang justru malah menakuti bukan membuat waspada. Puasa social media saat ini memang perlu.

Aku sendiri sampai saat ini puas menggunakan Halodoc karena sangat membantu di situasi yang mewajibkan kita hanya #dirumahaja namun kebutuhan obat-obatan, vitamin, serta konsultasi dokter bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan membuka aplikasinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sehat selalu ya :) 

Sumber :
Halodoc : https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental
Halodoc : https://www.halodoc.com/9-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-mental
Tempo : Hubungan Jiwa dan Raga yang Sehat bukan Sekadar Slogan 
Tabloid Bintang : Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga

COMMENTS

BLOGGER
Name

1 Left Sidebar,8,1 Right Sidebar,16,2 Column,32,2 Right Sidebar,3,2 Sidebar,1,3 Column,14,3 Column footer,14,4 Column,2,4 Column Footer,5,Ads Ready,12,Adsense,2,Afiiliasi,2,Belajar Teks HTML,1,Berita dan Informasi,11,Bisnis Internet,2,Black,21,Blog HTML,1,Blog Travel,5,Blogger,1,Blogger Template,54,Blogger Tips,24,Blogger Triks,1,Blogger Tutorial,3,Blogger Widget,5,Blogging,2,Blue,9,Bookmark Ready,9,Brown,5,Business,1,Catatan Blogger,32,Catatan Hari Ini,9,Contoh Teks HTML,2,Dunia Kopi,1,eCommerce,1,Facebook Comment,1,Feedburner,1,Fixed,1,Food,1,FoodBlogger,8,Footer Widget Ready,9,Form Kontak,1,Gallery,3,Game Blogger Template,2,Google,1,Google Analytics,1,Gray,8,Green,4,Hotel,1,Info,2,Kesehatan,4,Komputer,3,Kuliner,7,Kutipan,2,Left Right Sidebar,5,Magazine,31,Mario Teguh Quote,2,Microsoft,1,Movie,1,Musik,1,News,1,Online Store,4,Orange,4,Personal,3,Popular Posts,1,Premium,10,Properti,9,Purple,1,Red,6,Related Posts,2,Religi,1,Review,18,Santai,2,Seo,2,SEO Template,4,Shoutbox,2,Sidebar,1,Slider Ready,27,Software,1,Sport,1,Tahu Ngga?,4,Tekno,3,Template Blog,2,Tips,20,Tips Blog,1,Travelog,5,Tutorial,12,Tutorial Blog Pemula,11,Video,1,Website and Internet,1,White,39,Windows,1,Wisata Bandung,1,Wordpress,4,WordPress Convert,18,Yellow,3,
ltr
item
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia: Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja
Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja
Jika kamu merasa kesehatanmu atau kesehatan mental kamu sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk menanganinya, jangan ragu untuk mendi
https://1.bp.blogspot.com/-4oYk1MglqlI/XtCcYGqi-JI/AAAAAAAAcko/7YiT4N4TugIhuku4EWksInPMd7Ro_xdqQCK4BGAsYHg/s320/Jaga%2BKesehatan%2BMental%2BSelama%2B%2523dirumahaja%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4oYk1MglqlI/XtCcYGqi-JI/AAAAAAAAcko/7YiT4N4TugIhuku4EWksInPMd7Ro_xdqQCK4BGAsYHg/s72-c/Jaga%2BKesehatan%2BMental%2BSelama%2B%2523dirumahaja%2B1.jpg
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia
https://hakimtea.blogspot.com/2020/05/jaga-kesehatan-mental-selama-dirumahaja.html
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/2020/05/jaga-kesehatan-mental-selama-dirumahaja.html
true
7553029949173842694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content