Mempersiapkan Mudik Lebaran 2019

Meski Mudik 2019 masih terbilang jauh, tapi ga ada salahnya persiapan dengan 10 Tips persiapan mudik 2019 ini.

Gambar dari rumahkitab.com
Sudah mempersiapkan mudik lebaran 2019?

Setelah hampir satu bulan menabung untuk anggaran bulan Ramadan, kini saatnya untuk mulai mengalokasikan salah satu tradisi Mudik meski saya yakin sebagian besar dari Anda sudah mengantongi tiket, tapi tidak ada salahnya saya berbagi tips tentang libur lebaran dan mudik yang lebih bisa mengirit pengeluaran selama libur lebaran ini karena bukan berarti pengeluaran Anda berhenti sampai pembelian tiket saja. Masih banyak pengeluaran lain yang perlu direm.

Well... Lebaran adalah momen satu tahun sekali tapi enggak berarti dalam satu hari itu juga duit ludes. Jangan...

Setelah hampir satu tahun atau bahkan lebih Anda tidak bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, kini saatnya pulang dan bersilaturahmi. Agar moment lebaran gak dianggap beban karena susah rem nafsu foya-foya nih simak dulu tips mudik lebaran yang dapat Anda lakukan agar mudik menjadi Anda tahun ini menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

Mempersiapkan Mudik Lebaran 2019

1. Pertama-tama tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan
Jika mengendarai kendaraan pribadi maka periksa dan persiapkan terlebih dahulu dengan membawanya ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman seperti memilih jalur yang matang dengan harapan dapat membantu mengurangi kemacetan di jalan.

Jika menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat dan kereta, carilah kendaraan yang paling nyaman dan persiapkan tiket jauh-jauh hari dengan memesan.

2. Siapkan Anggaran Pengeluaran Selama Mudik
Gak bisa dipungkiri pasti akan banyak anggaran dana yang dikeluarkan saat mudik namun Anda bisa mengelolanya beberapa minggu sebelum mudik, seperti membuat daftar anggaran pengeluaran, misalkan menuliskan anggaran untuk tiket, penginapan, angpao buat saudara, oleh – oleh buat keluarga, serta pengeluaran tak terduga lainnya. Nah, dengan mempersiapkan anggaran dana ini diharapkan bisa membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluaran dan dapat gambaran juga harus segimana sih mempersiapkan keuangan nya sebelum pergi. Masih untung lagi kalau misalkan punya THR ya

3. Persiapkan Barang Bawaan
Nah ini juga penting banget nih tentang mempersiapkan barang bawaan
Kalau soal barang bawaan biasanya istriku yang nyiapin biar gak ada yang ketinggalan istri suka bikin daftar barang bawaan penting didata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal, seperti charger gadget atau kamera, obat-obatan terutama baju ganti. Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melampaui kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

4. Siapkan Fisik dan Obat-Obatan Pribadi
Ini penting banget nih yang utama adalah siapkan dirimu sendiri. Kalau sakit ya mana bisa mudik yang ada malah bikin repot diperjalanan. Mudik bisa dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan apalagi kalau dalam kedaan puasa makannya ada keringanan untuk berbuka ya tapi tetap badan harus fit. Anda harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Olahraga kecil rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan yang dijaga dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat – obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

5. Siapkan Uang Tunai Secukupnya
Sekarang kan zaman canggih ya tapi kudu tahu juga di kampong halaman banyak mesin ATM atau enggak atau bisa pakai e-money kalua perlu. Tapi selama perjalanan biar gampang ya tentu siapkan uang tunai yak arena pasti banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan kalua udah kumpul keluarga, seperti pengen piknik bareng beli tiket objek wisata, membeli air mineral saat perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, dan lainnya.

6. Bawa Gadget atau Hiburan Selama Mudik
Bosan di perjalanan, bisa banget bawa mainan atau gadget hingga cd favorit untuk mengisi waktu luang apalagi kalua bawa anak wajib banget bawa benda yang bikin mereka anteng ya jadi gak rewel selama perjalanan.

7. Jangan Terlalu Boros Membeli Oleh – Oleh
Kadang seseorang gak jadi mudik gara-gara malu gak beli oleh – oleh soalnya oleh-oleh ini adalah tradisi yang wajib dilakukan oleh mereka yang mudik. Kalau misalkan mau bawa boleh banget tapi jangan sampai kejeblos harga saat membeli oleh –oleh, jangan takut untuk menawar tapi kalua misalkan gak punya dana yang cukup juga gak masalah gak beli oleh-oleh yang penting kan kumpul dulu Insya Allah keluarga ngerti.

8. Jangan Terlalu Sering Mampir ke Minimarket
Tips hemat saat mudik lebaran lainnya adalah jangan terlalu sering mampir ke mini market karena godaannya berat di kasir selalu banyak tawaran :D

9. Membawa Bekal dari Rumah
Gak ada salahnya kok bekal makanan dari rumah. Itung-itung ngosongin isi kulkas kan mau ditinggal mudik ya dari pada beli di jalan lebih mahal ya lebih baik bawa bekal gak tahu juga bersih atau enggak. Hal serupa juga berlaku bagi Anda yang berpergian dengan pesawat atau kereta api, pastikan untuk makan terlebih dahulu di rumah sebab harga makanan di bandara/stasiun seirngkali lebih mahal dari pada harga biasanya solusi bawa bekal ini bisa menghemat pengeluaran.

10. Abadikan Momen saat mudik
The last but not least adalah jangan lupa untuk selalu menikmati dan manfaatkan momen lebaran dengan sanak saudara serta kerabat di kampung halaman. Ajang silaturahmi lebaran adalah moment berharga yang terjadi satu tahun sekali karena saudara yang tinggal jauh dengan Anda. Jangan memikirkan waktu untuk cepat balik ke kota asal kalau memang punya waktu libur mudik lebatan yang panjang. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan selama di kampung dan abadikan setiap momen dengan cara mengajak seluruh keluarga selfie. Foto tersebut dapat Anda simpan sebagai kenang – kenangan lalu unggah deh ke media sosial pribadimu.

Bagaimana? Sudah siap mudik lebaran 2019?

COMMENTS

BLOGGER
Name

1 Left Sidebar,8,1 Right Sidebar,16,2 Column,32,2 Right Sidebar,3,2 Sidebar,1,3 Column,14,3 Column footer,14,4 Column,2,4 Column Footer,5,Ads Ready,12,Adsense,2,Afiiliasi,2,Belajar Teks HTML,1,Berita dan Informasi,11,Bisnis Internet,2,Black,21,Blog HTML,1,Blog Travel,5,Blogger,1,Blogger Template,54,Blogger Tips,24,Blogger Triks,1,Blogger Tutorial,3,Blogger Widget,5,Blogging,2,Blue,9,Bookmark Ready,9,Brown,5,Business,1,Catatan Blogger,32,Catatan Hari Ini,9,Contoh Teks HTML,2,Dunia Kopi,1,eCommerce,1,Facebook Comment,1,Feedburner,1,Fixed,1,Food,1,FoodBlogger,8,Footer Widget Ready,9,Form Kontak,1,Gallery,3,Game Blogger Template,2,Google,1,Google Analytics,1,Gray,8,Green,4,Hotel,1,Info,2,Kesehatan,4,Komputer,3,Kuliner,7,Kutipan,2,Left Right Sidebar,5,Magazine,31,Mario Teguh Quote,2,Microsoft,1,Movie,1,Musik,1,News,1,Online Store,4,Orange,4,Personal,3,Popular Posts,1,Premium,10,Properti,9,Purple,1,Red,6,Related Posts,2,Religi,1,Review,18,Santai,2,Seo,2,SEO Template,4,Shoutbox,2,Sidebar,1,Slider Ready,27,Software,1,Sport,1,Tahu Ngga?,4,Tekno,3,Template Blog,2,Tips,20,Tips Blog,1,Travelog,5,Tutorial,12,Tutorial Blog Pemula,11,Video,1,Website and Internet,1,White,39,Windows,1,Wisata Bandung,1,Wordpress,4,WordPress Convert,18,Yellow,3,
ltr
item
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia: Mempersiapkan Mudik Lebaran 2019
Mempersiapkan Mudik Lebaran 2019
Meski Mudik 2019 masih terbilang jauh, tapi ga ada salahnya persiapan dengan 10 Tips persiapan mudik 2019 ini.
https://1.bp.blogspot.com/-VlhL9CFIN88/XJXnH3cTSuI/AAAAAAAAWJY/8Ywzd12uiuwnXRcpDz35urghi2fv3tKTgCLcBGAs/s400/mudik%2B2019.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VlhL9CFIN88/XJXnH3cTSuI/AAAAAAAAWJY/8Ywzd12uiuwnXRcpDz35urghi2fv3tKTgCLcBGAs/s72-c/mudik%2B2019.jpg
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia
https://hakimtea.blogspot.com/2019/03/mempersiapkan-mudik-lebaran-2019.html
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/2019/03/mempersiapkan-mudik-lebaran-2019.html
true
7553029949173842694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content