Memasang Shoutbox di Wordpress dan Tips Agar Pengunjung "Ketagihan" Berkomentar

Lagi meneliti tentang shoutbox tiba2 kang Sapta "nelp" tengah malam... "Waaah gawat kang! Saya ga bisa pasang shoutbox di b...

Lagi meneliti tentang shoutbox tiba2 kang Sapta "nelp" tengah malam... "Waaah gawat kang! Saya ga bisa pasang shoutbox di blog wordpress saya...!?!?!? Saya bingung kang!" Ga segitunya kale. Sebenarnya mudah saja memasang shoutbox di wordpress jika kita tahu dan jeli.
*Bohong ah, wordpress kan disable penggunaan javascrift ma nyang punya! Jadi mustahil bisa pasang shoutbox... termasuk pasang iklan semacam adsense!*
Wanhandred persen benar sekali! Wordpress memang tidak bisa pasang shoutbox, adapun widget teks yang ada hanya untuk teks dan tag html, sedang untuk javascrift, CSS... noway!
*Jadi kenapa atuh judul postingannyah seperti ituh? Bohong dosa loh! Apalagi menipu, supaya orang tertarik membaca!*
Tenang sodara-sodara! Saya tidak bohong! Agama melarang saya, dan saya orang yang taat beragama ;-). Dan jika dikatakan menipu tentu saya tidak mempunyai solusi untuk permasalahan bagi yang ingin pasang shoutbox di wordpress, tapi disini saya coba memberikan alternatif "sedikit" jalan keluarnya... puih ;p



Begini, sebenarnya judul diatas terlalu panjang maka saya persingkat *dan disingkatpun masih tetap kepanjangankan?*



Judul postingan ini sebenarnya, "Memasang Guestbook Sebagai Pengganti Shoutbox di Wordpress dan Tips Agar Pengunjung Tidak Merasa Kapok Untuk Berkomentar Namun Meraka Malah 'Ketagihan' Berkomentar"
"Alasaaaan...."
Fungsi shoutbox dan guestbook sebenarnya hampir sama cuma penempatan saja yang berbeda. Shoutbox bisa dipasang di main page blog kita (blogger) dan itu memudahkan pengunjung untuk sekedar say hai dan berkomentar sesuka hatinya. Sedangkan guestbook fungsinya sama hanya saja penempatannya tidak dimain page tapi melalui page khusus.



Berikut ini langkah2 membuat guestbook di wordpress sebagai pengganti shoutbook.
  1. Login ke wordpress Anda
  2. Klik Manage
  3. Klik Pages
  4. Klik Create a new page »
  5. Di Page Title tulis Guest Book Atau Guest Room atau kata2 yang lain semisal "Buku Tamu" atau malah Anda bisa menulisnya "Shoutbox" suka-suka Anda saja. Ngga ada yg larang ko.

  6. Page Content biarkan kosong. Atau kalo mau, Anda bisa menuliskan sedikit kata-kata sambutan semisal, "Silahkan Tinggalkan Pesan Anda di Guest Book ini...!" *Basi* heuheu.
  7. Kalo sudah beres, langkah terakhir klik Publish.
  8. Selamat Anda sudah mempunyai Guest Book sebagai pengganti shoutbox. ;-)
Nah selanjutnya tips agar pengunjung blog wordpress Anda tidak merasa kapok untuk berkomentar, malah mereka jadi ketagihan untuk berkomentar.



Alasan saya menulis ini karena saat blogwalking dan terdampar di wordpress lalu ingin meninggalkan komentar pada salah satu postingan yang di rasa cukup menarik. Setelah saya menuliskan nama, alamat email dan URL lalu klik Submit Comment, eeeh malah keluar kata-kata yang bikin pundung ini,
"Your comment is awaiting moderation."
Maaf-maaf saja kebanyakan pengunjung paling males kalo udah berkomentar terus keluar kata2 seperti itu. Jadi ilfeel deh. Dan males untuk berkunjung kembali apalagi meninggalkan koment. Terlebih saat berkunjung keesokan harinya dan kata-kata yang sama masih ada, "Your comment is awaiting moderation." Beuh...! Ya kecuali Anda memang membatasi komentar yang masuk, itu wajar saja!
Ngaku nih om...! ane punya wordpress nyang kayak gituh, tapi ane kan ga sengaja om, dan terus terang aja nih, ane kagak tahu begimana caranya ngilangin kata-kata itu biar pengunjung banyak koment di blog ane, ane juga kan pengen orang lain koment tanpa ngerasa kapok om!
Syukurlah kalo Anda sadar... dan pintu tobat masih terbuka lebar, kembalilah ke jalan yang benar... pis ^_^



Tipsnya gampang saja,

  • Login ke wordpress Anda
  • Pada Dashboard klik Options
  • Klik Discussion
  • Nah pada Discussion Options
Usual settings for an article:
  1. Attempt to notify any blogs linked to from the article (slows down posting.) *Hilangkan Centang*
  2. Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks.) *Biarkan Di Centang*
  3. Allow people to post comments on the article. *Biarkan Di Centang*
E-mail me whenever:
  1. Anyone posts a comment. *Hilangkan Centang*
  2. A comment is held for moderation. *Hilangkan Centang*
Before a comment appears:
  1. An administrator must always approve the comment. *Hilangkan Centang*
  2. Comment author must fill out name and e-mail. *Biarkan Di Centang*
  3. Comment author must have a previously approved comment. *Hilangkan Centang*
Comment Moderation
  1. Don’t discard spam on old posts. *Hilangkan Centang*
  2. Hold a comment in the queue if it contains, *Masukan angka 2*
  • Kalo semua sudah, klik Update Options


Selamat menampung banyak komentar... ;-)

Busby SEO Test SEO Test Age


COMMENTS

BLOGGER: 46
  1. assalamu'alaikum kang hakim

    thank you very much lah pokoknya atas masukanya. sampe akhirnya kang hakim membuat tulisan tentang shoutbox wordpress plus tip triknya.semoga tidak bosan dengan yang masih newb..

    salam nge-blog balik

    ReplyDelete
  2. Sekedar berbagi kang sapta... itupun jika saya bisa ngasih solusi, kalo nggak ya lempar sama blogger yg laen... ^_^

    ReplyDelete
  3. wkowkowkow

    thanks om... mantap ...walaupun nggak sama kyk cita2x...

    hihihih...anyway...thanks ya

    LINK balik om

    ReplyDelete
  4. sama-sama... maaf kalo ga sesuai cita-cita tp ya untuk wordpress.com memang ga bisa pasang shoutbox... hehehe :D

    ReplyDelete
  5. artikelnya bagus bang...linknya arikel ini saya copy-paste ke blog teman saya

    http://www.jurnalista263.wordpress.com

    dia soalnya nanya aku bisa ga pasang shoutbox di worpress.com

    ReplyDelete
  6. makacih infonya...lagi mau nyoba nih, baru tau kl defaultnya si wordpress kl comment musti awaiting moderate...ribet amat

    ReplyDelete
  7. Permisi tuan rumah.......salam kenal.
    Saya pny blog di wp. saya belajar2 sendiri. saya mau tanya,knp kata2 yg saya masukan di kotak hitam kok bisa masih muncul di forum komentar,padahal setelah saya isi sdh saya klik update option dan sdh berhasil merubah setelan.
    Utk shoutbox sdh saya pasang pakai shoutmix. Saya tidak pakai yg premium,saya pakai yg basic krn semuanya serba gratis,hny kelemahannya jika saya tdk meng up grade menjadi premium,saya tidak bisa memblok ip & url seseorang. Mgkn perlu diketahui,bahwa kadang2 ada pengacau di shoutbox dgn kata2 yg kasar,sehingga teman2 saya bnyk yg risih utk melihatnya,kdg2 berbicara sara. Mgkn anda bisa kasih saya solusinya bgmn utk mengatur shoutbox,apakah saya harus ganti dr shoutbox lainnya selain shoutmix? Shoutbox apa yg bisa mengatur utk pemblokiran ip & url/nick name seseorang secara gratis?
    Sebelumnya terima kasih atas perhatian anda & dibukanya room anda ini yg sangat membantu teman2.
    Saya tunggu balasan dari anda.
    Salam sejahtera.

    ReplyDelete
  8. saya sendiri lebih menyukai shoutmix karena jika ada pesan yang tidak layak bisa langsung menghapusnya tanpa harus login ke shoutmix cukup login shoutmix di blog.

    Untuk blocking IP, bisa menggunakan cbox namun selama yang saya gunakan dan memblock IP tetap saja IP yg di block tersebut keesokan harinya bisa mengisi shoutboc kembali.

    Jadi cukuplah dengan shoutmix karena mudah mendellete pesan yang tidak layak untuk tampil di shoutbox.

    ReplyDelete
  9. Selamat malam tuan rumah........
    Terima kasih atas masukannya.
    Salam sejahtera.

    ReplyDelete
  10. malam om..

    makasih ya tutorial comment moderationnya...
    abisnya saya dari kemaren bingung akhirnya sekarang bisa..

    ReplyDelete
  11. Malam Bro

    Terima Kasih ya tulisannya, kebetulan dua bulan ini lagi ikutan di WordPress susah bikin shout box
    Salam kenal

    ReplyDelete
  12. ikuti adu seo di The Nukoo SEO Contest

    ReplyDelete
  13. merek Shoutbox yg bagus apa mas ?

    ReplyDelete
  14. thx sob tutornya

    ReplyDelete
  15. thanx bro atas artikel nyaa

    ReplyDelete
  16. Untung nemuin artikel ini, kalo gak, sampe gempor saya otak-atik shoubox gak bisa-bisa (emang ternyata gak bisa di WP)... nuhun kang.. salam kenal ya..

    www.kursusmarketing.wordpress.com

    back link ya kang....

    ReplyDelete
  17. maksih atas petunjuknya mas...

    ReplyDelete
  18. ini bener2 memasang shoutmix di blog saya bukan guestbook, silahkan buka blog saya, dan bahkan anda bisa memasang google adsense atau sript kumpul blogger di blog wordpress anda, masih kagak percaya.. kunjungi blog saya yang masih baru, n semrawut

    ReplyDelete
  19. terima kasih atas infonya.. semoga dibalas kebaikan yang banyak.. semangat..!!

    ReplyDelete
  20. waduh ga ada content bos gimana donk??

    ReplyDelete
  21. Wakakakak.. akhirnya kutemukanjuga jawabannya disini

    ReplyDelete
  22. mksih infonya..sngat membantu buat pemula sperti saya...:-)

    ReplyDelete
  23. thanks banyak2 ni kang...

    ReplyDelete
  24. Thx infonya Gan...emang bnr solusinya cuma pke "guestbook" tp ada solusi laen...bli domain tp pke theme wordpress, he...he...

    ReplyDelete
  25. SYUKRON JAZAKUMULLOH KHOIRON ATAS INFONYA
    SALAM KENAL

    ReplyDelete
  26. wah . mantab deh posnya . bukan tukang pos . tapi postingannya maksudnya . halah .

    makasih deh .

    satu pertanyaan : kalo awalnya kosong . emang ada yang mau ngisi pak ?

    trims . salam kunjung balik

    ReplyDelete
  27. http://vedasastra.wordpress.com/2010/03/31/musik-play-secara-otomatis-di-blog-anda/

    ReplyDelete
  28. Maaf mau nimbrung nih. Menurut hemat saya sih gampang aja kalo mau masang shout box di blog ber-platform wordpress. Pindah hosting aja ke hostingan berbayar ataupun gratisan. Udah deh.. dengan hostingan sendiri kita bisa leluasa memasang google adsense atau menggunakan berbagai widget berbasis javascript dsb. Gitu aja boss, salam hangat dan persahabatan buat kang Hakim Tea.. jangan lupa pada mampir sekalian nyobain shout box saya ya..

    ReplyDelete
  29. akhirnya bisa masuk juga ke blog u sob selah mencoba berbulan-bulan, mohon maaf loading blog sobat berat buat koneksi Dial up.. setiap kali ketemu blog hakim tea langsung aku lewatin.. dari pada gagal masuk. tips yang bagus banget tuh sob..

    ReplyDelete
  30. Hualah.. ternyata begitu ya caranya.. trims infonya kang Hakim..

    www.marketingmanagements.com

    ReplyDelete
  31. salam kenal.....
    info yang sangat berguna..
    bila ada waktu mainlah ke www.gogkil.wordpress.com

    ReplyDelete
  32. Berita terpopuler se papua.. jangan lewatkan disini : http://timikanews.wordpress.com

    ReplyDelete
  33. Wahhh.. Artikelnya bagus bangett..
    sangat membantu saya yg masih newbie..
    ditunggu artikel2 berikutnya..
    terus berkarya tanpa lelah ya sob..
    Good luck..

    jangan lupa mampir ke gubuk saya..
    www.gitarkeren.com

    tukaran link yuk..!! Link anda sudah terpasang manis di tempat saya..
    silahkan di cek.. http://www.gitarkeren.com

    ^_^

    ReplyDelete
  34. saya nyari dashbord<optios kok gak ada2 di dashbord saya?

    ReplyDelete
  35. Hohoho Agak maksa tapi kreatif om carane
    makasih dah share.

    ReplyDelete
  36. Makasih udh share ilmunya gan.. sukses selalu.

    ReplyDelete
  37. sedang ta coba Cak......nuwun infone

    ReplyDelete
  38. Makasih gan atas postingannya , rencana mau pasang di blog baru gw : Bali Tour karena ini penting juga' buat dapat kunjungan gratis :) Salam SUPER - LUKISAN MINIMALIS BALI :)

    ReplyDelete
  39. cocok banget, Fridi juga sudah pasang shoutbox di blog Fridi :)

    ReplyDelete
  40. shoutbox di wordpress 100 % berhasil, lihat caranya di http://moenyoek.wordpress.com

    ReplyDelete
Silakan komentar asal jangan nyepam dan OOT ya :)

Name

1 Left Sidebar,8,1 Right Sidebar,16,2 Column,32,2 Right Sidebar,3,2 Sidebar,1,3 Column,14,3 Column footer,14,4 Column,2,4 Column Footer,5,Ads Ready,12,Adsense,2,Afiiliasi,2,Belajar Teks HTML,1,Berita dan Informasi,11,Bisnis Internet,2,Black,21,Blog HTML,1,Blog Travel,5,Blogger,1,Blogger Template,54,Blogger Tips,24,Blogger Triks,1,Blogger Tutorial,3,Blogger Widget,5,Blogging,2,Blue,9,Bookmark Ready,9,Brown,5,Business,1,Catatan Blogger,32,Catatan Hari Ini,9,Contoh Teks HTML,2,Dunia Kopi,1,eCommerce,1,Facebook Comment,1,Feedburner,1,Fixed,1,Food,1,FoodBlogger,8,Footer Widget Ready,9,Form Kontak,1,Gallery,3,Game Blogger Template,2,Google,1,Google Analytics,1,Gray,8,Green,4,Hotel,1,Info,2,Kesehatan,4,Komputer,3,Kuliner,7,Kutipan,2,Left Right Sidebar,5,Magazine,31,Mario Teguh Quote,2,Microsoft,1,Movie,1,Musik,1,News,1,Online Store,4,Orange,4,Personal,3,Popular Posts,1,Premium,10,Properti,9,Purple,1,Red,6,Related Posts,2,Religi,1,Review,18,Santai,2,Seo,2,SEO Template,4,Shoutbox,2,Sidebar,1,Slider Ready,27,Software,1,Sport,1,Tahu Ngga?,4,Tekno,3,Template Blog,2,Tips,20,Tips Blog,1,Travelog,5,Tutorial,12,Tutorial Blog Pemula,11,Video,1,Website and Internet,1,White,39,Windows,1,Wisata Bandung,1,Wordpress,4,WordPress Convert,18,Yellow,3,
ltr
item
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia: Memasang Shoutbox di Wordpress dan Tips Agar Pengunjung "Ketagihan" Berkomentar
Memasang Shoutbox di Wordpress dan Tips Agar Pengunjung "Ketagihan" Berkomentar
http://1.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R8Rukj2Q7MI/AAAAAAAAAT8/-8coZx_bLqk/s200/wordpress-comment.gif
http://1.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R8Rukj2Q7MI/AAAAAAAAAT8/-8coZx_bLqk/s72-c/wordpress-comment.gif
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/memasang-shoutbox-di-wordpress-dan-tips.html
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/memasang-shoutbox-di-wordpress-dan-tips.html
true
7553029949173842694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content