Fungsi Shoutbox, Kelebihan dan kekurangannya

Kali ini inspirasi saya adalah enam orang blogger yang memiliki 2 shoutbox berbeda dalam satu blognya. Sampai tulisan ini diturunkan beliau-...

Kali ini inspirasi saya adalah enam orang blogger yang memiliki 2 shoutbox berbeda dalam satu blognya. Sampai tulisan ini diturunkan beliau-beliau ini masih menggunakan 2 shoutbox; mba Evie pake c-o, jeng Aphied s-o, Sarie s-o, Unieq c-o, Novee c-t dan bu Vina t-s. Uniknya mereka semua bloggerwati ;-) dan sepanjang catatan saya ngeblog, berkeliaran di blogoshepere, blogwalking belum menemukan satu orang pun bloggerwan yang pake 2 shoutbox. Salah satu bloggerwati itu beralasan "Memang sih mau dibuang satu, tapi sayangkan!" Hal ini lebih meyakinkan saya bahwa kaum hawa memang tidak boleh jadi pemimpin! Toh ngambil keputusan menghilangkan satu shoutbox saja sampe merasa sayang apalagi menjalankan tugas negara... (secara) #*@^%&*$#


Satu blog 2 shoutbox! Aneh? Ga juga! Tapi ya... bisa juga dibilang aneh ;-D. Ngapain coba shoutbox sampe 2 di blog? Bikin sensasi? Pengen lain? experimen? Atau sikap prefentif karena barang gratisan biasanya sering TLR dan mengalami PLP. "Ahh, kamu sirik aja deh yg punya SB cuman 1 ... kekekek...!" Setidaknya itu guyonan Mba Evie wong Palembang yang nikah dengan Ambon Manise pada shoutbox saya. Kemarin sempat ganti dengan oggix tapi karena kendala tekhnis layout akhirnya saya batalkan dan kembali ke cbox. Padahal saya sempat bangga pake oggix, bukan saja karena produk dalam negeri *buatan anak bangsa* juga features yang disediakan oggix cukup membuat saya jatuh cinta.

Sudah umum kalo shoutbox cukup satu dan tampil di main page *enam orang di atas memang tidak umum* ^_^ dan banyak juga yang menyimpan shoutboxnya not on the main page alias membuat page khusus semisal list menu, forum message, guestbook atau Privat Chat dengan alasan tempat yang ga cukup, menganggu keindahan, pengen lebih menampilkan iklan *adsense, affiliate, adbrite dan lainnya* biar income semakin besar *ini khusus blog semi MFA* kenapa dibilang semi MFA? karena mau dibilang personal juga bingung, contentnya banyak mengupas masalah pribadi tapi iklan bejibun disetiap sudut. ;-)

*Back to topic* Sesuai judul di atas *Fungsi Shoutbox, Kelebihan dan kekurangan Berbagai Macam Shoutbox*

Pertama, apa sih fungsi shoutbox? Sesuai namanya *Shout dan Box* dengan arti kata menyediakan ruang untuk pengunjung blog kita agar bisa teriak-teriak, bersorak sorai... *shout berarti berteriak atau bersorai ria* maksudnya meningalkan pesan, ucapan atau hal lainnya sebagai salah satu jembatan penghubung antara pemilik blog dan pengunjung. Bahkan sebagian blogger memanfaatkannya untuk nyepam berpromosi sekaligus menambah traffic. Shoutbox juga bisa untuk berkenalan, cari jodoh saling tukar informasi dan sebagai ajang link exchange.

Sama seperti Anda, saat saya blogwalking pun banyak menjumpai berbagai blog dengan shoutbox beraneka merek dan rasa, berbagai bentuk dan warna. ^_^ Namun seperti juga Anda, saya pun mengambil kesimpulan yang paling mendominasi setidaknya ada 3 merek; shoutmix, cbox dan oggix. Meski masih ada yang lain semisal TagMe, Wdcreezz.com, Shouthuns, Meebo, Doneeh, Shoutme dan lainnya. Namun diantara nama2 itu ada yang sudah almarhum dengan berbagai alasan.

Oke mari kita kupas satu persatu kelebihan dan kekurangan shoutbox2 di atas:

1. SHOUTMIX

Shoutmix yang bermarkas besar di Selangor-Malaysia ini memberikan kemudahan tersendiri dalam pelayanannya, termasuk tutorial pemasangan pada Blogger, Bolt, Freewebs, Friendster, Wordpress, Xanga, dan Yahoo! Groups. Meski semua jenis shoutbox dasarnya hampir sama yaitu kemudahan dalam pengoperasian atau penginstalan kedalam berbagai jenis blog namun dalam hal ini shoutmix memang sedikit berbeda.

Tan Wei Heng, warga negara Malaysia keturunan berusia 21 tahun sebagai pemilik sekaligus pengendali Shoutmix yang baru-baru ini meraih penghargaan anugerah belia Dot Com Youth’08 mempersiapkan shoutmix hampir selama 4 tahun sebelum launching, dan berkat ketekunan serta kesabarannya Youth’08 akhirnya memberikan penghargaan dengan cek senilai RM.20.000.

Di bawah ini merupakan kelebihan features yang ditawarkan shoutmix, sedang features lainnya tidak saya sebutkan karena standar features shoutbox pada umumnya.

  • Multilingual: Multi bahasa yang memudahkan pengguna menggunakan berbagai macam bahasa termasuk teks asing, seperti kanji, tagalog, urdu, turki dan lainnya.
  • Animation dan Clickable smileys: Animasi dan emoticon merupakan suatu tambahan yang paling banyak digemari pengguna blog meski sebagian blogger dan webmaster menganggap emoticon hyanya digunakan para dumies blog dan menggambarkan weblog/situs yang tidak profesional. Terlepas dari itu semua, emoticon memang bisa menggambarkan bodylanguage dari pesan seseorang. Dan shoutmix menghadirkan emoticon ini dengan popup windows.
  • Auto linker: ini yang jarang dimiliki shoutbox lainnya. Dimana auto linker dapat mengconvert direct URL yang dikirim seseorang dalam pesan teksnya sehingga berbentuk seperti ini "[link]" hal ini tentu saja memaksimalkan fungsi shoutbox sebagai pengirim pesan berbasis teks.
  • In-box storage: Ini pun berbeda dengan shoutbox sejenis, dimana Anda bisa melihat pesan yang telah lalu tidak harus membuka window baru.
  • No pop-up ads: yupz, tidak ada iklan.
Segi keamanan, pengaturan dan fungsi admin (Anda) sebagai pemilik shoutbox.
  • Anda bisa mendelete dan membuang pesan baik yang tidak Anda sukai maupun pesan berupa spam.
  • Skin dan templatenya bisa Anda atur sedemikian rupa, banyak sekali pilihan yang tersedia dengan menggabungkan antara ukuran, style, dan warna. Untuk mencobanya Anda bisa melihat disini.
Kekurangan shoutmix sebagai shoutbox basic (free).
  • Penyimpanan arsip dalam shoutbox terbatas. Kecuali premium (bayar) dengan penyimpanan yang cukup besar sekitar 5 ribu pesan.
  • Quota pesan terbatas sekitar 60 perjam itupun kadang sering TLR dan akhirnya PLP. Kecuali premium unlimited.
  • Tidak ada arsip pesan. Kecuali premium, itupun mesti di download tiap bulan paling telat 3 bulan sekali untuk kita simpan sebagai arsip dan kenang-kenangan ^_^. Jika tidak...! Soutmix belum memberikan konfirmasi, apakah terbuang begitu saja atau tersimpan di servernya.
  • Tidak ada online counter, status, maupun user list. Kecuali premium.
  • Terdapat backlink shoutmix di atas dan di bawah (wajar). Tapi yang bawah bisa kita hilangkan, yang atas pun bisa dihilangkan tapi bayar. ^_^
  • Tidak bisa membanned IP, URL maupun User yang meninggalkan pesan maupun URL yang bertentangan dengan kesadaran moral kita *misalkan meninggalkan URL ke daerah biru*. Kecuali premium.
  • Automatic refresh pesan yang masuk hanya 1x permenit. Untuk premium 10x permenit.
  • Emoticon yang tersedia hanya 10. Untuk premium 500 smiley.
  • Penyimpanan pesan dalam shoutbox sekitar 250 pesan. Premium mencapai 5000 pesan. Perbedaan yang mencolok. ;-)
  • Tersedia 150 karakter. Premium 300.
Meski begitu tetap saja kita mesti bersyukur sudah dikasih layanan gratisan.

Untuk upgrade ke premium, shoutmix menawarkan jasa cukup terjangkau dan itu jika Anda menginginkan kepuasan, $2 per bulan.

[Bersambung...]
___________
Gambar diambil dari www.cartoonstock.com

COMMENTS

BLOGGER: 10
  1. ada tuh bsi imam (belajar-bikin-blog.blogspot) Bloggerwan yg make 2 shout

    ReplyDelete
  2. ada tuh si imam (belajar-bikin-blog.blogspot) Bloggerwan yg make 2 shout

    ReplyDelete
  3. duh kok 2 kali ya....

    ReplyDelete
  4. jadi 3 kali cah ^_^

    ReplyDelete
  5. assalmu'alaikum kang hakim

    aku malah bingung nich ga bisa pake shoutbox, coz ga pake blog but wordpress :( . ada ga yang tau cara masang shoutbox di wordpress (blog ku itu wordpresnya dah di instal)
    sebelumnya makasih... jalan2 malem sepulang kerja

    ReplyDelete
  6. Wa'alaikumussalam kang Sapta.

    Wordpress memang mendisable penggunaan javascrift yang umum digunakan para penyedia shoutbox dan adsense. Itulah salah satu alasan kenapa saya pindah ke blogger. ^~^

    Namun jangan sedih, kang Sapta bisa menyiasatinya dengan mengganti shoutbox dengan membuat guestbook yang hampir sama fungsinya cuma penempatan saja yang berbeda yaitu page khusus. Dan saya yakin kang Sapta tahu caranya. Kalo nggak ya ntar koment lagi... ^_^

    Tapi kalo kang sapta menggunakan blog Oggix.Org yang notabene di bawah naungan pelayanan wordpress, disana bisa menggunakan shoutbox. Kenapa? Karena webmaster oggix tidak (belum) mendisable penggunaan javascrift, contohnya bisa dilihat percobaan punya saya http://hakimtea.oggix.org. Disana bisa dipasangi shoutbox; baik dari oggix sendiri maupun shoutbox lainnya.

    ReplyDelete
  7. malam tuan rumah........saya mau tanya,kalau utk menyisipkan smile setiap saya berkomentar bgmn ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. oooo gt toh...,
    aku baru mudeng :-)

    ReplyDelete
Silakan komentar asal jangan nyepam dan OOT ya :)

Name

1 Left Sidebar,8,1 Right Sidebar,16,2 Column,32,2 Right Sidebar,3,2 Sidebar,1,3 Column,14,3 Column footer,14,4 Column,2,4 Column Footer,5,Ads Ready,12,Adsense,2,Afiiliasi,2,Belajar Teks HTML,1,Berita dan Informasi,11,Bisnis Internet,2,Black,21,Blog HTML,1,Blog Travel,5,Blogger,1,Blogger Template,54,Blogger Tips,24,Blogger Triks,1,Blogger Tutorial,3,Blogger Widget,5,Blogging,2,Blue,9,Bookmark Ready,9,Brown,5,Business,1,Catatan Blogger,32,Catatan Hari Ini,9,Contoh Teks HTML,2,Dunia Kopi,1,eCommerce,1,Facebook Comment,1,Feedburner,1,Fixed,1,Food,1,FoodBlogger,8,Footer Widget Ready,9,Form Kontak,1,Gallery,3,Game Blogger Template,2,Google,1,Google Analytics,1,Gray,8,Green,4,Hotel,1,Info,2,Kesehatan,4,Komputer,3,Kuliner,7,Kutipan,2,Left Right Sidebar,5,Magazine,31,Mario Teguh Quote,2,Microsoft,1,Movie,1,Musik,1,News,1,Online Store,4,Orange,4,Personal,3,Popular Posts,1,Premium,10,Properti,9,Purple,1,Red,6,Related Posts,2,Religi,1,Review,18,Santai,2,Seo,2,SEO Template,4,Shoutbox,2,Sidebar,1,Slider Ready,27,Software,1,Sport,1,Tahu Ngga?,4,Tekno,3,Template Blog,2,Tips,20,Tips Blog,1,Travelog,5,Tutorial,12,Tutorial Blog Pemula,11,Video,1,Website and Internet,1,White,39,Windows,1,Wisata Bandung,1,Wordpress,4,WordPress Convert,18,Yellow,3,
ltr
item
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia: Fungsi Shoutbox, Kelebihan dan kekurangannya
Fungsi Shoutbox, Kelebihan dan kekurangannya
http://3.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R8C1pD2Q7LI/AAAAAAAAAT0/bFI3fbXKtTg/s200/message.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R8C1pD2Q7LI/AAAAAAAAAT0/bFI3fbXKtTg/s72-c/message.jpg
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/fungsi-shoutbox-kelebihan-dan.html
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/fungsi-shoutbox-kelebihan-dan.html
true
7553029949173842694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content