Membuat Form Komentar di Bawah Postingan Blogger (Layaknya Wordpress)

Membuat form komentar di bawah postingan blogger layaknya wordpress ini merupakan modifikasi dari Jacky Supit atau yang lebih kita kenal d...

Membuat form komentar di bawah postingan blogger layaknya wordpress ini merupakan modifikasi dari Jacky Supit atau yang lebih kita kenal dengan Jackbook. Beberapa saat yang lalu saya mulai menggunakan form ini dan berhasil lalu laporannya saya posting disini. Kita tahu blogger memang belum menyediakan form komentar langsung di bawah postingan untuk memudahkan pembaca blog kita berkomentar ria ;-). Kadang menjadi alasan tersendiri untuk tidak meninggalkan komentar karena mesti klik sana untuk membuka halaman baru atau klik sini keluar popup windows terlebih dulu.



Tutorial ini kan sudah ada di jackbook kenapa ga simple saja menunjukkan link kesana? Memang sudah ada tapi itu kan versinya bahasa inggris. Pertimbangan saya dua; Pertama, tadi itu mengingat tidak sedikit yang terjun ke dunia blogger dengan keterbatasan pemahaman bahasa inggris maka saya coba terjemahkan bebas dari Jackbook. Kedua, lumayan buat nambah isi blog, saya kan jarang posting ;-) Oke kita langsung saja,



LANGKAH PERTAMA:

login pada account blogger Anda pilih Layout >Edit HTML. Namun sebelum kita mulai lebih baik Anda membackup terlebih dulu template yang sudah ada, seandainya terjadi kesalahan Anda tinggal mengembalikan template Anda semula. Dan blogger memang baik hati :-) selalu mengingatkan jika kita masuk menu Edit HTML,
Backup/Restore Template
Sebelum mengedit template Anda, Anda mungkin ingin menyimpan sebuah salinan dari template tersebut. Download Template Lengkap

Cara membackup mudah saja tinggal klik Download Template Lengkap simpan pada hard drive komputer Anda.



LANGKAH KEDUA:

Pada menu Edit HTML tersebut beri centang/ceklis pada Expand Template Widget Kemudian cari kode HTML berikut ini,




LANGKAH KETIGA:
Ganti kode html tersebut dengan kode ini "Dapatkan kodenya klik disini"



Catatan: Karena kode htmlnya terlalu panjang dan bakal banyak makan tempat di postingan ini, maka saya simpan di googlepages. Untuk membukanya bisa dengan dua cara; pertama klik kanan di "Dapatkan kodenya klik disini" kemudian Save Target as atau Save Link as. Kedua, klik kanan open in new tab (jika Anda menggunakan firefox). Maka Anda akan melihat kode htmlnya yang begitu panjang.



LANGKAH KEEMPAT:

Copy kode html berikut pas berada di bawah </body> di atas </html>. Dengan kata lain diantara keduanya. Kode tersebut berada paling bawah.







LANGKAH KELIMA:

Temukan kode di bawah ini,




Hapus dan gantikan dengan kode di bawah ini,






LANGKAH KEENAM:

Klik SIMPAN TEMPLATE (Save) dan "Meniru gaya Jack" Ucapkan terimakasih pada saya terutama pada Jack tentunya ;-)



LANGKAH KETUJUH:

Pindah ke menu PENGATURAN > KOMENTAR dan pastikan "Tampilkan komentar dalam sebuah window popup?" dalam keadaan contrengannya (ceklis) pada "YA". Kalo sudah klik SIMPAN PENGATURAN.



Coba lihat hasilnya...! Bagaimana? Keren kan ;-)



____________

Gambar dari www.cartoonstock.com



Update: Saya coba petunjuk ini pada blog percobaan saya disini tanpa melihat tutorial aslinya dan.... Sukses! Silahkan Anda coba...

Busby SEO Test SEO Test Age


COMMENTS

BLOGGER: 49
  1. wah, kapan-kapan harus coba nih..tks sharingnya ya...

    ReplyDelete
  2. mba lita, pakabar gugus depannya ^_^

    Jangan kapan2 mba... sekarang aja dicoba ;-)

    ReplyDelete
  3. gw dulu sempet pake ginian kim, tapi ya berhubung gw dah ganti leot, ya males lagi gw ngatur HTML nya... yg ada aja lah gw terima....

    kim, roko loe yg dua bungkus kok ada dikamar gw ya... loe tinggalin buat gw ya... yah elu, gw sih ga lepel make roko dari j*mbut jagung... rasanya kurang mantaf.... wakakakak

    ok thanx eniweh...

    note : ga di link gw cium luh...

    ReplyDelete
  4. GANTI LAGI...!!! gw maksa...! *pake tutorial punya gw*

    Note: Gw dah link, daripada dicium ma lo *najis dah* ^_^

    ga link gw juga, ntar malem lilinnya ga gw tiup, biar lo kena *wakakak*

    ReplyDelete
  5. tiup lilin ???
    ngepet ??
    hwkwkwkwkwk ....
    kamana wae atuch ... :D

    ReplyDelete
  6. wah tau ajah neh kl eyke termasuk yg sering kendala bahasa... heheee... wajarlah, secara katrok gitu lho...
    drpd posting pk bhs inggris, saya lebih suka blogger yg posting pk bahasa Rusia. Sama2 ga ngerti maksud nya tp bahasa Rusia lebih njlimet dibaca nya. Jadi skaliyan ajalah bikin kram otak... wakakakkk
    *hihihiiii... kopi paste ajeh...*

    ReplyDelete
  7. btw koq mao2nya siy ngikutin saran buat ngapus verifikasi kata... jadi tersanjung enam neh...
    *gyahahaaa*

    ReplyDelete
  8. bagus nih... tapi sayang sekali saya telat menemukan tutorial yang bagus ini, saya udah keburu pindah ke wordpress.

    jadi makin gampang komen di blogspot

    ReplyDelete
  9. @ Novee
    Apa sih yang nggak buat costumer ;-) yg penting tidak menyalahi norma agama dan undang2 yg berlaku ^_^ biar puas; saya puas, Anda puas, mereka puas, semua puas... *apa sih* ^_^

    Note: Baru tau kalo Tersanjung udah nyampe enam ya ;-)

    @ -tan
    pindah lagi ajah, gitu aja kok repot ;-)

    ReplyDelete
  10. wah tengkyuh bgt nih ... besok coba ah... biar nyaingin WP

    ReplyDelete
  11. sama2... yo semangat qt brsaing ma wp... blogger juga lebih keren ^_^

    ReplyDelete
  12. ...(clingak clinguk dulu...takut dibilang sok kenal)...tp ga tahan liat postingan ini..arrghhh kenapa baru liat yang beginian...terlanjur pindah ke wp ..*puyeng* =(

    *dadah*

    ReplyDelete
  13. (siapa nih yg clingak clinguk... so kenal banget) pis ^_^

    yaaah... Anas...! Pindah lagi dong nas... ^_^

    ReplyDelete
  14. salam bro, sorry udah lama gk silahturahmi,oh ya..mw nanya nih.saya sudah mengikuti semua intruksi yg anda berikan agar tampilan komentar saya seperti tampilan komentar anda.yang jadi masalah ko' hasilnya gk sama dengan Form komentar anda sebagai contoh.jika form komentar di blog saya tidak bisa tampil langsung.

    kasih solusi dong bro....Please ya bro...

    Wslam

    ReplyDelete
  15. salam juga, sama2 bro rob ^_^ saya juga dah lama ga silaturahim :). Saya sudah kunjungi blog Anda, mungkin ada yang terlewat mas rob! Pastinya template di backup kan? Nah restore aja aja backup-annya dan coba lagi yg lebih teliti. Moga sukses! :)

    ReplyDelete
  16. mas hakim cara ketengahinnya gmn? coba liat di blogku....

    makasih
    wassalam,

    ReplyDelete
  17. cara untuk ketengahin form komentar ya wa...? oke, pergi ke layout >Edit Html, click dulu "Expand Template Widget" cari kode berikut,

    <div id='comment-parent' onmouseover='showcomment("hoverme", "comment-child");' style='margin-bottom: 50px;'>

    Tinggal selipkan kode ini, align='center' setelah kode <div jadi keseluruhan kodenya seperti ini,

    <div align='center' id='comment-parent' onmouseover='showcomment("hoverme", "comment-child");' style='margin-bottom: 50px;'>

    Silahkan man di coba semoga berhasil :)

    PS: olah warna background formnya ya wa biar sesuai dengan template, caranya... otak-atik sendiri donks biar lebih pinter... :)

    ReplyDelete
  18. trims mas hakim atas bantuannya... :)
    wassalam,

    ReplyDelete
  19. mas. makasih ya. aku bisa nambahin kotak coment di bawah posting. tapi gimana caranya agar choose an identity tidak banyak. saya pengennya cuma kotak nama dan url

    ReplyDelete
  20. Pertama tolong aktifkan dulu profilenya biar saya liat blog mas kakchun.

    Namun sederhananya, Anda bisa mengaturnya pada dashboard blog pada menu Setting lalu Comment. Pada bagian kedua, "Who Can Comment?" pilih Anyone. Dan silahkan atur pengaturan comment lainnya yg diperlukan. Untuk blogspot memang hanya itu saja yang paling sederhana. (CMIIW)

    ReplyDelete
  21. kok ga bisa sih???
    padahal udah nyampe di langkah ke5,waktu mw di save malah muncul tulisan ["Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The element type "b:widget" must be terminated by the matching end-tag "].
    Gimana??? saya ga ngerti nih,mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  22. tips ini memang agak rumit, tp sekarang ada solusi terbaru untuk blogger... silahkan baca postingan saya tentang form komentar blogger terbaru tips tersebut tidak terlalu rumit, silahkan dicoba!

    ReplyDelete
  23. ass...
    mas hakim help meeeeee.... udah dicoba tapi tetep gagal bikin comment dibawah" malah dapet laporan gini "Widget dengan id "Blog1" mengandung sedikitnya dua elemen b:includable dengan id yang sama:"comments". Semua elemen b:includable sebaiknya memiliki id unik untuk widget yang diberikan"

    kenapa ya mas?
    thanks before..

    ReplyDelete
  24. angkanya ganti dengan angka yg lain misalkan blog1 ganti dengan blog2 dan seterusnya...

    Namun sebaiknya pergunakan form komentar blogger in draft yang masih baru sekarnag jadi ga perlu pusing dengan tips yg ini dan form komentar nantinya akan seperti yg ada di blog ini (di bawah)

    ReplyDelete
  25. kang, dah tak coba en BERHASIL ... makasih banget.
    catatan: sebenarnya abi dah nyoba selama 2 minggu make yang versi draftblogger tapi selalu gagal mo kasuk ke draftbloggernya .. tulisannya ERROR melulu.

    yang ini SUKSES. Tengkyu lagi.

    oh iya .. met lebaran. maaf lahir batin

    ReplyDelete
  26. kang aki...salam kenal dulu deh..dah cari2 kode html di langkah kedua dah puzing nyarinya, maklum gaptek banget html akang, bisa dibantu gak ada dibaris brapa sih...lier euy

    ReplyDelete
  27. Pak Hakim....saya pengen nyoba sih bikin setting koment tapi kok caranya belibet banget...mata saya ampe pusing nyari kode html nya buat dirubah-rubah.apa ga ada cara yang lebih enakan????

    ReplyDelete
  28. @oki santi: gunakan cara yg lebih mudah dengan menggunakan Blogger in Draft, bisa di baca di postingan ini => Form Komentar Blogger Terbaru

    selamat mencoba!

    ReplyDelete
  29. thaks bgt bos ilmunya sangat berguna

    ReplyDelete
  30. Maknyusss! Josss!
    kucoba dulu...

    ReplyDelete
  31. artikel yang bagus, tapi mas, skarang kayanya blog udah suport komentar.

    ReplyDelete
  32. wah artikel bagus nih, di cari2 ternyata ada di sin. thanks mas hakimta...

    salam kenal, mas hkimta....!!!

    kalo sempat mampir juga ke blog ku

    http://tutorial4uonline.blogspot.com

    maju terus blogger indonesia

    ReplyDelete
  33. makasih atas form komentarnya, saya akan coba,

    ReplyDelete
  34. mas sudah saya coba kok gak bisa pada pengaturan>Tampilkan komentar dalam sebuah window popup? itu gak da

    ReplyDelete
  35. mantap
    http://www.tokoaslioline.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. gagal...hikzz, jadi kacau template blog gw..

    ReplyDelete
  37. kok punya saya error terus pesannya...selalu well formed...gimana solusinya? makasieh

    ReplyDelete
  38. kug link dapatkan codenya di sini not font ya???

    ReplyDelete
  39. waahh...gan membingunkan untuk newbie kyak gw...hehehe but nice info dan patut dicoba...

    ReplyDelete
  40. mantab artiel'a sob ..
    sukses slalu buat Anda ..

    ReplyDelete
Silakan komentar asal jangan nyepam dan OOT ya :)

Name

1 Left Sidebar,8,1 Right Sidebar,16,2 Column,32,2 Right Sidebar,3,2 Sidebar,1,3 Column,14,3 Column footer,14,4 Column,2,4 Column Footer,5,Ads Ready,12,Adsense,2,Afiiliasi,2,Belajar Teks HTML,1,Berita dan Informasi,11,Bisnis Internet,2,Black,21,Blog HTML,1,Blog Travel,5,Blogger,1,Blogger Template,54,Blogger Tips,24,Blogger Triks,1,Blogger Tutorial,3,Blogger Widget,5,Blogging,2,Blue,9,Bookmark Ready,9,Brown,5,Business,1,Catatan Blogger,32,Catatan Hari Ini,9,Contoh Teks HTML,2,Dunia Kopi,1,eCommerce,1,Facebook Comment,1,Feedburner,1,Fixed,1,Food,1,FoodBlogger,8,Footer Widget Ready,9,Form Kontak,1,Gallery,3,Game Blogger Template,2,Google,1,Google Analytics,1,Gray,8,Green,4,Hotel,1,Info,2,Kesehatan,4,Komputer,3,Kuliner,7,Kutipan,2,Left Right Sidebar,5,Magazine,31,Mario Teguh Quote,2,Microsoft,1,Movie,1,Musik,1,News,1,Online Store,4,Orange,4,Personal,3,Popular Posts,1,Premium,10,Properti,9,Purple,1,Red,6,Related Posts,2,Religi,1,Review,18,Santai,2,Seo,2,SEO Template,4,Shoutbox,2,Sidebar,1,Slider Ready,27,Software,1,Sport,1,Tahu Ngga?,4,Tekno,3,Template Blog,2,Tips,20,Tips Blog,1,Travelog,5,Tutorial,12,Tutorial Blog Pemula,11,Video,1,Website and Internet,1,White,39,Windows,1,Wisata Bandung,1,Wordpress,4,WordPress Convert,18,Yellow,3,
ltr
item
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia: Membuat Form Komentar di Bawah Postingan Blogger (Layaknya Wordpress)
Membuat Form Komentar di Bawah Postingan Blogger (Layaknya Wordpress)
http://3.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R7jNpD2Q7DI/AAAAAAAAASk/ecSB4F2O2PA/s200/give+a+coment.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_ujrG97EMecA/R7jNpD2Q7DI/AAAAAAAAASk/ecSB4F2O2PA/s72-c/give+a+coment.jpg
Hakimtea.com | Traveller | Kuliner | Blogger Bandung Indonesia
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/membuat-form-komentar-di-bawah.html
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/
https://hakimtea.blogspot.com/2008/02/membuat-form-komentar-di-bawah.html
true
7553029949173842694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content